Selasa, 12 Februari 2013

Internet

Internet


Internet adalah sebuah media yang telah mengubah dasar-dasar komunikasi, hiburan, dan perdagang an. Bidang bisnis menggunakannya untuk berkomunikasi dengan supplier, rekan kerja, dan pelanggan. Mereka menjual, membuat pesanan, menyediakan layanan kepada pelanggan dan menawarkan produk melalui internet. Orang umumnya menggunakan internet untuk saling berkirim electronic-mail dengan anggota keluarga, bank, melakukan transaksi stok online, memesan tiket perjalanan, berbelanja dan,  melakukan penelitian. Mereka juga menhabaiskan waktu untuk main game di internet dan menggunakan layanan hiburan.

     Internet adalah gabungan dari banyak jaringan. Jaringan tersebut berkomunikasi satu sama lain menggunakan protocol standar, TCP/IP, yang mengirimkan data melalui internet dengan memecah-mecah data menjadi ‘’amplop-amplop’’ data yang dinamakan paket. Lalu lintas internet berjalan dengan kecepatan gigabit melalui jalur yang dihubungkan dengan router dan switch. Jalur berkecepatan tinggi adalah tulang punggung internet yang mengirimkan permintaan informasi, hiburan, broadcast audio dan video e-mail dan transaksi bisnis ke bisnis.
     World Wide Web adalah sebuah cara untuk menghubungkan dokumen, seperti home page pada komputer jarak jauh, menjadi satu. Dengan komputer apapun, orang dengan browser dapat terhubung melalui  web. Pemakai menunjuk dan melakukan klik untuk berjalan dari satu komputer ke komputer yang lain di dalam internet. Sebelum World Wide Web diciptakan,dokumen dalam internet hanya tersedia dalam bentuk tesk. Tidak ada gambar, tidak ada ‘’tombol’’ yang dapat di klik untuk menjalankan suatu perintah dan tidak ada banner-banner iklan. Juga tidak ada warna, semuanya hanya hitam putih. World Wide Web tidak terpisahkan dari internet. Itu adalah sebuah cara untuk berjalan dari suatu resource ke resource yang lain di internet dengan melakukan klik pada teks atau gambar yang disorot dalam browser. Ini adalah cara ‘’multi media’’ untuk melihat informasi dalam internet. Ini membuat informasi tersedia dalam bentuk gambar, suara, teks dan video.
     Individu dan organisasi menghubungkan lokasi mereka ke internet melalui banyak tipe layanan telekomunikasi meliputi T-1, T-3, jalur analog, layanan DSL, ISDN, dan fasilitas TV kabel. ISP mengumpulkan traffic dari banyak pemakai  dan mengirimkannya melalui jalur berkecepatan tinggi ke backbone internet. ISP mengatur banyak router dan server milik mereka. Server-server tersebut banyak melakukan banyak tugas. Server dapat berisi e-mail milik pelanggan, menyediakan layanan hosting untuk bisnis dan homep page untuk pelanggan. Statistik-statistik khusus dari penyedia informasi seperti informasi olah raga dan permainan yang juga terletak di server.
       Organisasi komersial menggunakan teknologi World Wide Web untuk menciptakan Extranet dan internet. Extranet menggunakan teknologi Web untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis dan pelanggan dan Intranet menggunakan teknologi tersebur untuk berkomunikasi dengan karyawan di dalam perusahaan. Browser web dan software Internet yang terpasang di server membuat informasi dan layanan tersedia untuk rekan bisnis dan orang –orang dalam perusahaan. Bersama dengan terpecahkannya masalah keamanan dan privasi, semakin banyak organisasi vang akan menggunakan e-commerce dan Internet untuk penyebaran informasi dan kepemimpinan bisnis.

Tidak ada komentar: